Aplikasi Web Server

Aplikasi Web Server untuk PC/ Laptop

Aplikasi Web Server Jika Kalian mau membuat suatu web maka diperlukanlah sebuah web server yang berfungsi sebagai penerima permintaan yang dikirim melalui browser lalu memberikan tanggapan permintaan dalam bentuk halaman situs web atau lebih umumny berupa dokumen HTML.

Banyak sekali aplikasi web server yang tersedia di dunia ini. Tapi masalahnya tidak semua web server bagus dan cocok buat membuat website Anda. Sehingga Anda akan menginstal banyak web server dalam satu PC/ laptop Anda. Hal tersebut dapat membuat PC/ laptop Kalian hang tentunya.

Aplikasi Web Server untuk PC/ Laptop

Nah, agar Kalian tidak kesulitan dalam memilih aplikasi web server mana yang cocok untuk web Kalian. Maka, artikel kali ini akan menjelaskan beberapa apk web server yang bagus dan cocok untuk Kalian. Langsung saja, silahkan simak penjelasannya berikut ini

1. WampServer

WAMP Server ialah aplikasi web server untuk PC atau laptop yang hanya dapat Kalian gunakan pada sistem operasi Windows saja. Karena sesuai namanya WAMP yang mempunyai kepanjangan yakni W merupakan Windows and The Principal Components of The Package: Apache, MySWL, dan PHP.

WAMP Server hampir sama dengan XAMPP, bedanya XAMPP dapat digunakan pada multiplatform. WAMP Server hanya mendukung bahasa PHP dan MySQL dan WAMP Server tidak mempunyai fitur SSL. Konfigurasi WAMP Server lebih mudah dibandingkan XAMPP.

2. Microsoft Internet Information( IIS)

Microsoft Internet Information biasa dikenal dengan istilah IIS. IIS merupakan aplikasi web server yang dibuat dan hanya diperuntukkan bagi para pengguna Windows saja. Jadi, jika Kalian menggunakan Linux pada komputer server maka tidak bisa menggunakan IIS.

IIS ini dapat Kalian pasang pada tipe Windows apapun, baik windows biasa ataupun windows server. Namun, untuk versi terbaru IIS 7. 5 minimum Windows yang bisa digunakan merupakan Windows 7.

IIS mempunyai 4 komponen pendukung, yakni Protokol Jaringan TCP/ IP, Domain Name System( DNS), menggunakan format NTFS agar lebih aman, dan software server untuk menangani website.

3. Nginx

Nginx cara bacanya yaitu Engine X, bukan engings. Nginx ialah web server yang gratis dan pastinya open source. Nginx juga memiliki fungsi sebagai proxy IMAP atau POP3 yang bertugas buat menangani jalur keluar/ pengiriman email.

Pada tahun 2002, Nginx ditulis dan dibuat oleh Igor Sysoev, sampai akhirnya diperkenalkan ke publik pada tahun 2004.

Saat ini sudah banyak pengguna Nginx yang mana rata– rata mereka bukanlah pengguna baru. Performa yang dimiliki Nginx sudah tidak diragukan lagi. Jika dibandingkan dengan Apache, Nginx hanya memakan banyak memori hanya 15 MB saja dan pemakain CPU- nya hanya 10%.

4. XAMPP

XAMPP ialah aplikasi web server untuk PC/ laptop yang sudah terkenal karena mudah dalam menggunakannya. Walaupun Kalian masih merasa kesulitas, Kalian dapat dengan mudah mendapatkan tutorialnya dan cara penginstalannya pun tidak sulit.

XAMPP yaitu sebuah singkatan, yang mana setiap hurufnya memiliki arti sendiri. X( Cross) berarti fleksibel, artinya aplikasi ini bisa dipasang di multiplatform atau berbagai sistem operasi. A yaitu Apache, yang ialah web server untuk modul ini. M adalah MySQL, yang ialah aplikasi untuk mengelola database. P yaitu PHP, adalah modul untuk menjalankan script PHP. P ialah Perl, yakni modul untuk menjalankan bahasa Perl.

5. Apache HTTP Web Server

Apache HTTP Web server merupakan aplikasi web server yang banyak disukai oleh banyak orang. Mengapa? Karena fitur yang dimilikinya sangat lengkap. Apache HTTP Web Server ini merupakan salah satu web server yang dapat digunakan pada berbagai macam sistem operasi, diantaranya Windows, Unix, Linux, Novell Netware, dan lain sebagainya.

Kebanyaakn orang menganggap Apache Web Server ini paling baik diantara aplikasi web server lainnya sebab performa yang dimilikinya sangat bermutu. Selain mendukung multiplatform, Apache juga mendukung GUI( Graphic User Interface) yang memudahkan Kalian dalam penggunaannya. Jadi Kalian bisa menggunakannya tanpa menjalankan command prompt.

Sekian artikel kali ini yang membahas 5 aplikasi web server untuk PC/ Laptop. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Kalian. Terimakasih🙂